Posted by : Andi Novian

Malam !!

Kali ini Andi Mau Share tentang Silat nih , lumayan lah buat nambah2 posting aja .

Langsung aja deh ke topic



1. Silek Harimau, Minangkabau

Silek Harimau Minangkabau adalah aliran seni beladiri yang berkembang di Minangkabau, Sumatera Barat. Silat diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat di sana bukan hanya sebagai kemampuan beladiri, tapi juga sebagai warisan budaya. Dengan kuda-kuda yang kukuh dan daya tinju yang keras, Silek Harimau seolah menggambarkan keganasan dan kekerasan seekor Harimau Sumatera. Aliran silat ini yang kemudian diangkat ke film Gareth Evans yang berjudul "Merantau" (2009).

2.Silat Cimande, Jawa Barat. 

Cimande adalah aliran maenpo (Silat Sunda) di daerah Tari Kolot, Cimande, Bogor, Jawa Barat. Cimande adalah sebuah aliran pencak silat yang tergolong tua, besar, terkenal dan memiliki pengaruh pada aliran lainnya di Pulau Jawa. Cimande memiliki lima aspek yaitu aspek olahraga, seni budaya/tradisi, beladiri, spiritual dan pengobatan. Aspek terakhir, yaitu pengobatan (termasuk pijat/ atau urut gaya Cimande dan pengobatan patah tulang), sangat terkenal di masyarakat luar Cimande sekali pun.



3.Silat Merpati Putih, Yogyakarta. 

Merpati Putih merupakan pencak silat yang berkembang dari tradisi Jawa sejak tahun 1550. Didirikan tanggal 2 April 1963 di Yogyakarta. Aliran ini mempunyai kurang lebih 85 cabang dalam negeri dan 4 cabang luar negeri, dengan jumlah kelompok latihan yang sangat banyak dan lulusan di seluruh Indonesia yang mencapai jutaan. Pencak silat ini dikenal juga dengan nama "Beladiri Tangan Kosong" (Betako).


4.Silat Cingkrik, Betawi. 

Silat Cingkrik merupakan salah satu dari 300 aliran silat Betawi. Salah satu tokoh terkenalnya adalah Si Pitung, sekalipun banyak yang masih menganggapnya fiktif. Karakter teknik beladirinya adalah mengandalkan take-down atau bantingan (mirip gulat), dengan mengandalkan kekokohan kedua kaki. Cingkrik Goning, misalnya, memiliki 80 teknik take-down yang bisa dipelajari hingga selesai.



5.Silat Perisai Diri.

Silat Perisai Diri adalah teknik silat Indonesia yang ditemukan Pak Dirdjo, sebagai Pendekar Purna Utama yang pernah mempelajari 150 lebih aliran silat Nusantara. Tak hanya itu, ia juga mempelajari aliran Kung Fu Siauw Liem Sie (Shaolin) selama 13 tahun. Ilmu beladiri yang diperolehnya tersebut berpengaruh terhadap teknik beladiri dalam silat Perisai Diri, yang banyak mengandalkan pada elakan. Gesit, lincat hingga sulit ditangkap merupakan cirri aliran ini. Aliran ini juga terkenal dengan serangannya yang biasanya dilakukan dengan kekuatan maksimum. Silat ini paling banyak dikenal di dunia, dan dengan anggota yang tersebar hingga Australia, Eropa, Jepang dan Amerika Serikat.


6.Silat Persaudaraan Setia Hati Terate


Untuk menjadi saudara pada Persaudaraan Setia Hati Terate ini, sebelumnya seseorang itu terlebih dahulu harus mengikuti pencak silat dasar yang dimulai dari sabuk hitam, merah muda, hijau dan putih kecil. Pada tahap ini seseorang tersebut disebut sebagai siswa atau calon saudara.
Selama dalam proses latihan pencak silat, seorang pelatih/warga (saudara SH) juga memberikan pelajaran dasar ke-SH-an secara umum kepada para siswa.
Setelah menamatkan pencak silat dasar tersebut, seseorang yang dianggap sebagai warga atau saudara SH adalah apabila ia telah melakukan pengesahan yang dikecer oleh Dewan Pengesahan. Dewan pengesahan ini termasuk saudara SH yang terbaik dari yang terbaik yang dipilih melalui musyawarah saudara-saudara SH. Proses kecer tersebut berlangsung pada bulan Syura. Adapun sarat yang harus disediakan dalam pengeceran antara lain: Ayam jago, mori, pisang, sirih, dan lain sebagainya sarat-sarat yang telah ditentukan.
Dalam proses pengeceran ini, kandidat diberi pengisian dan gemblengan jasmani dan rohani dan ilmu ke-SH-an serta petuah-petuah, petunjuk-petunjuk secara mendalam dan luas. Saudara SH yang baru disahkan tersebut, dalam tingkatan ilmu disebut sebagai saudara tingkat I (erste trap). Pada Persaudaraan Setia Hati Terate juga dibagi dalam tiga jenis tingkatan saudara yaitu saudara SH Tingkat I (ester trap), Tingkat II (twede trap), tingkat III (derde trap).
Pada Persaudaraan Setia Hati Terate diajarkan 36 jurus pencak silat yang merupakan warisan dari Ki Ngabei Soerodiwirjo di erste trap serta pelajaran ilmu ke-SH-an yang dapat diperoleh pada tingkatan twede trap dan derde trap. Jurus-jurus tersebut merupakan ramuan dari beberapa aliran pencak silat yang berada di nusantara, di antaranya dari Jawa Barat, Betawi (Jakarta), dan Minangkabau.
Khadang SH Terate tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan di beberapa negara seperti Belanda, Perancis, Belgia, Jerman, Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Brunei Darussalam. Secara administratif mulai dirintis pencatatan jumlah saudara pada tahun 1986. Sehingga jumlah saudara mulai tahun 1986 – 1999 sebanyak 108.267

ane denger2 nih gan, ni aliran silat disegani krena lbih bnyak pke tenaga dalam gan.. :ngeri

{ 29 komentar... read them below or Comment }

  1. Jadi Pengen Belajar Silat :D
    http://cisaga-cyber.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. kwkwk silat "Setia Hati"
    Bukankah itu salah satu perguruan silat yang di tekuni oleh salah satu teman kita?
    Waw ternyata silat "Setia Hati" silat yang di takuti o.O

    Nice Info Gan (Maaf bahasa kaskus :v )
    Salam Pop
    Untuk temanku
    :poop:

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. beungeut kaddal meren SH te aya sopan2na pisan

      Hapus
    2. SH TERATE is the best!
      salam persaudaraan dri lampung yay

      Hapus
  4. saya seorang warga sh terate,tenaga dalam bukan hal utama dalam organisasi ini,tapi yang terpenting adalah ilmu kebatinan dan persaudaraan.

    BalasHapus
  5. saya warga SH TERATE th 2008....menurut saya sh terate di takuti dan di segani bukan karna ilmu tenaga dalam atau kebatinan tetapi ilmu keroyokan nya itu yang paling sakti

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia bener keroyokannya itu yang bikin ngeri
      orang nya pada sombong-sombong lagi
      pada sok jago semua
      di anggap dirinya yang paling hebar di dunia neh
      inget di atas langit masih ada langit bro
      tapi mungkin itu hanya oknum saja bukan organisasinya
      maap ya para warga SH terate

      Hapus
    2. jangan sembarangan ngomong anda , apa maksudnya anda bicara sok jago,sombong , sok hebat. kalau anda tidak suka tidak usah menjelek2kan PSHT , saya memang masih siswa tp saya wajar menegur anda yg tidak sopan berbicara seperti itu .

      Hapus
    3. amalkanlah ilmu padi, semakin brisi smkin mrunduk

      Hapus
    4. yang paling hebat itu aliran silat yang namanya kontoloyo. bayangkan saja, dalam keadaan loyo saja, kontol seorang pesilat kontoloyo masih mampu menghamili wanita sange

      Hapus
    5. biasa lah yg gak suka TERATE,,,ya cuma bisa bacot di dumaii

      Hapus
    6. intinya seberapa tinggi tingkatannya smua kudu terus di latih terutama latihan mandiri di luar club/padepokan,jangan merasa dah hebat atow dah jadi pelatih trus enggan/malas..nah dengan terus di latih akan timbul mental2 Ksatria sehingga jauh dari hal2 negatif salah satunya maen KEROYOKAN..trus jalin persahabatan dengan penggiat beladiri lain sehingga gak kuper/minim pengetahuan tentang silat..sukur2 berlatih bareng..buat para pelatih junjung dan ajarkan bagaimana betjiwa Ksatria..ingat!..sang Guru pasti kecewa klo murid2nya cuma ASAL jadi Pesilat..salam TARUNG!!!

      Hapus
    7. intinya seberapa tinggi tingkatannya smua kudu terus di latih terutama latihan mandiri di luar club/padepokan,jangan merasa dah hebat atow dah jadi pelatih trus enggan/malas..nah dengan terus di latih akan timbul mental2 Ksatria sehingga jauh dari hal2 negatif salah satunya maen KEROYOKAN..trus jalin persahabatan dengan penggiat beladiri lain sehingga gak kuper/minim pengetahuan tentang silat..sukur2 berlatih bareng..buat para pelatih junjung dan ajarkan bagaimana betjiwa Ksatria..ingat!..sang Guru pasti kecewa klo murid2nya cuma ASAL jadi Pesilat..salam TARUNG!!!

      Hapus
  6. Sing penting tumindak apek tor bener

    BalasHapus
  7. saya pikir judul dan isi blog ini kurang tepat, penulis harus bisa membedakan mana yang disebut "aliran" dan mana yang disebut "perguruan", salam.

    BalasHapus
  8. hanya organisasi diatas yg bisa rukun dengan PSHT,,,

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. seng apek mas nek omong


      #BERSATULAH SILAT INDONESIA

      Hapus
  10. saya sebagai warga PSHT, tidak tersinggung, karna kalo itu kritikan justru trima kasih, dgn kritikan kita tau dimana kurangnya SH TERATE, tapi kalo menghina, juga trima kasih, karna dgn d hina nya SH TERATE maka SH TERATE smakin baik dimata sang pencipta (TUHAN) khusus sperti saya orang islam dimata ALLAH SWT,nah dgn keadaan ini kita mmmbangun SH TERATE lebih baik lagi,maka TUHAN (ALLAH) meridhoinya
    JAYA PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE
    SALAM PERSAUDARAAN

    BalasHapus
  11. Pada hakikatnya semua aliran silat itu ajarannya baik,, tapi ya terganting diri pribadi masing2 ya yg namanya setan kn nggak mau kalau kita hidup rukun brdmpingan satu sama lain intinya y dari kita sendiri kuat melawan hawa nafsu apa tidak.. Lampers 1922

    BalasHapus
  12. Pada hakikatnya semua aliran silat itu ajarannya baik,, tapi ya terganting diri pribadi masing2 ya yg namanya setan kn nggak mau kalau kita hidup rukun brdmpingan satu sama lain intinya y dari kita sendiri kuat melawan hawa nafsu apa tidak.. Lampers 1922

    BalasHapus
  13. Tjimande sya seorang spertix,

    BalasHapus
  14. Tjimande sya seorang spertix,

    BalasHapus
  15. Jayalah PSHT
    saya adlah seorang siswa SH

    BalasHapus

DI LARANG TEBAR LINK , KECUALI DI BANNER EXCHANGE !

SERING-SERINGLAH KOMENTAR MAKA ANDA AKAN DAPET BACKLINK KARENA BLOG SAYA UDAH DOFOLLOW

Site Info





Banner

Sat-Cyber Sat-cyber ANDVROZEN Cleventer-Creation™

- Copyright © 2013 Dark 48 - Namikaze Template v.2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -

Gunakan Google Chrome Untuk Hasil Maksimal