Posted by : Andi Novian

Ketika anda mulai menjelajahi blogosphere, perlahan2 berbagai kosakata baru yang sama sekali asing dan baru pertama kali anda dengar akan mulai masuk ke perbendaharaan kata anda. Salah satu kata paling “sakti” di blogosphere adalah SEO atau Search Engine optimization.

Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)?

Berdasarkan wikipedia.org, SEO adalah proses pengoptimasian jumlah traffic ke website melalu hasil pencarian search engine.

Maksudnya begini: mayoritas orang, memulai proses penjelajahannya di dunia maya melalui Search Engine seperti Google. Misalkan anda ingin mencari jawaban tentang “cara merubah fitur comment blog menjadi thread seperti di forum”. Apa yang anda lakukan? kemungkinan besar yang anda lakukan adalah:

  1. Membuka http://google.com
  2. mengketikkan keyword “merubah comment menjadi thread” di boks pencarian
  3. Mengklik boks “search”
  4. voila, 10 link hasil pencarian dari puluhan halaman pencarian muncul di depan anda.
  5. Lalu, anda pun menilih link dengan deskripsi paling sesuai untuk anda dari kesepuluh link yang diberikan google, lalu mengkilik link tersebut.
  6. Jika tidak ada hasil pencarian yang cocok, anda akan mengklik link “berikutnya” atau mulai pencarian baru dengan keyword berbeda.
Nah disini lah peran SEO. karena kebanyakan orang biasanya hanya membuka halaman pertama atau maksimal hingga lima halaman pencarian, sederhananya, yang dilakukanSEO adalah upaya menampilkan halaman website dalam halaman pertama hasil pencarian.

Lalu, Mengapa SEO Menjadi Penting?
Seperti yang sudah saya utarakan tadi, mayoritas pengguna internet masih menggunakan pola yang sama dengan yang saya utarakan diatas: Melakukan pencarian melalui search engine sebagai awal mula penjelajahan data di ranah internet lalu mulai menyusuri link demi link menuju website yang ditunjukan oleh halaman hasil pencarian (SERP – Search Engine Result Page). Fenomena budaya penggunaan search engine ini menciptakan satu realitas tidak yang tidak dapat dipungkiri bahwa muncul di halaman pertama untuk kata kunci yang sering dicari sama dengan traffic yang berlimpah.

Sekedar berbagi pengalaman, saya di bloggingly pun sempat merasakan efek dari hal ini. Satu halaman di bloggingly yang muncul di halaman pertama hasil pencarian Google untuk satu kata kunci yang sedang tengah “hot” atau tengah dicari banyak orang membuat traffic kami melonjak hingga mencapai 1000 unique visitors per hari. Sampai-sampai pihak hosting meminta kami menginstall plugin wp-super-cache. Hihi

Mau Belajar Lebih Dalam Mengenai SEO?
Well, saya juga masih sangat hijau di bidang ini. Namun saya sempat menyimpulkan beberapa kesimpulan sederhana dari pengalaman dan analisa saya atas halaman-halaman blog saya yang muncul di halaman pertama hasil pencarian:

http://itcxgresida.blogspot.com/2012/08/cara-agar-blog-muncul-di-halaman.html

Namun untuk belajar lebih spesifiknya, silahkan langsung mengakses petuah-petuah dari mereka yang memang sangat memahami seluk beluk SEO. Ada 25 blog tentang SEO terbaik yang di listing oleh DailyBlogTips.

Bagaimana pendapat anda mengenai SEO? Apakah anda memiliki pandangan atau referensi lain mengenai SEO? You can share it here 

Leave a Reply

DI LARANG TEBAR LINK , KECUALI DI BANNER EXCHANGE !

SERING-SERINGLAH KOMENTAR MAKA ANDA AKAN DAPET BACKLINK KARENA BLOG SAYA UDAH DOFOLLOW

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Site Info





Banner

Sat-Cyber Sat-cyber ANDVROZEN Cleventer-Creation™

- Copyright © 2013 Dark 48 - Namikaze Template v.2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -

Gunakan Google Chrome Untuk Hasil Maksimal