Posted by : Andi Novian


Apa itu Wotagei ? - Wotagei( ヲタげい) atau Otagei( オタ芸, オタげい) adalah sorakan atau gerakan tari khas yang dilakukan oleh penggemar ketika menonton konser - konser Idola. Wotagei adalah bentuk memberikan dukungan dalam acara-acara yang dilangsungkan oleh Idola atau Seiyu. Kata Wotagei atau Otagei merupakan singkatan dari “ Aidoru [W]Otaku No Gei “ *gei berarti seniloh.

Apa itu Wota ? wota adalah orang yang menyukai terhadap japanese idol-singer, Pengertian terhadap wota pun ada banyak macam, tidak terbatas untuk orang yang menyukai idol saja.

Tariannya termasuk sangat simple tapi memerlukan stamina yang cukup banyak karena biarpun mudah, tarian ini sangat melelahkan. Gerakannya berupa tepuk tangan seruan-seruan untuk para idolnya, goyangan tangan, dan lain-lain. dan biasanya menggunakan lightpen atau Lightstick , yaitu semacam stick yang mengeluarkan cahaya yang mempunyai warna-warna tersendiri.

Melakukan Wotagei disebut utsu ( 打つ). Ada beberapa jenis gerakan wotagei:

Ø  Mawari( マワリ), bertepuk tangan menurut irama di atas kepala sambil melompat di tempat menghadap ke kiri dan kanan, berputar- putar.

Ø  Romansu( ロマンス),ke- 2 belah lengan diacungkan ke atas dan siku ditarik ke dalam berulang- ulang.

Ø  PPPHBertepuk tangan 3 kali prok, prok, prok, lalu bersorak hyuu …


Ø   Ada pula gerakan yang inspirasinya berasal dari tari kecak di Bali. Pada gerakan yang disebut kecak, sambil postur tubuh direndahkan, ke- 2 belah lengan diangkat dan ditarik secara berulang- ulang ke depan ke arah Idola di panggung.

Memberikan dukungan kepada penyanyi Idola di panggung dengan cara bersorak bersama sesuai dengan irama lagu sudah dilakukansejak tahun 1970- an atau 1980- an oleh barisan penggemar setia para idola yang disebut “ Shin- ei Tai( 親衛隊) atau barisan pengawal. Memasuki abad ke- 21, beberapa gerakan ditambah sehingga menjadi bermacam- macam, dan dikenal secara luas sebagai “ Wotagei. “

Dalam acara varietas Guru Guru Dokan " Atarashii Nami o Sagashite " di Fuji TelevisionWotagei diangkat pertama kali sebagai topik bahasan. Anggota tim sepak bola J. LeagueKawasaki Frontale melakukan Wotagei versi Kawasaki Frontale di hadapan penonton. Mereka menyebutnya sebagai “ Ntagei “( ンタ芸) dari kata frontale + gei pada acara hari berterima kasih kepada penggemar tahun 2007. Setelah diliput media massa, keberadaan Wotagei diketahui secara luas oleh masyarakat umum di Jepang. Selain itu ada pertunjukan live yang diadakan secara khusus untuk mempertunjukkan Wotagei.

Partisipasi penonton sangat penting dalam konser grup idola Jepang. Wotagei menambah semarak konser dan membangun rasa kebersamaan antara “ Penonton Dan Idola “ di atas panggung, serta sesama rekan Wota.

Dan ngomong- ngomong tentang Wotagei, aku ingin memperkenalkan kembarannya Wotagei, yaitu Mix.

Mix( ミックス, mikkusu) adalah sorakan beramai- ramai penonton pada konser idola, termasuk pada konser AKB48 dan grup- grup saudara kembarnya. Meskipun sering diragukan sebagai bagian dari Wotagei, Mix termasuk salah 1 dari banyak unsur Wotagei. Mix sudah dikenal di kalangan Wota sejak akhir 1990- an. Kata- kata Mix yang disorakkan seragam dan ada standarnya.

Mix disorakkan sewaktu overtur, intro( awal lagu), dan sewaktu tempo lagu melambat. Mix berakhir sebelum idola mulai menyanyi. Mix tidak dilakukan untuk lagu bertempo pelan, sedih, atau balada. Pada lagu yang dimulai secara tiba- tiba seperti "Heavy Rotation, “ Mix ditunda hingga interlude( bagian instrumental).

Ada beberapa variasi Mix yang dikenal kalangan Wota. Berikut ini adalah Mix standar untuk wota AKB48 dan grup- grup saudara kembarnya, seperti JKT48 :

" Aaaa ... Yossha Ikuzo! Taiga, Faiya, Saiba, Faiba, Daiba, Baiba, Jya, Jya!( あ~よっしゃいくぞー!タイガー、ファイヤー、サイバー、ファイバー、ダイバー、バイバー、ジャージャー) Aaaa ... Yossha Ikuzo! Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, Viber, Jya Jya! “

“ Aaaa ... Yossha Ikuzo! “( Ayo mulai!) adalah komando untuk memulai sorakan, diikuti pelafalan bahasa Jepang untuk kata- kata bahasa Inggris, Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, dan Viber. Alasan kata- kata tersebut dipilih juga tidak diketahui pasti.

Ada pula variasi Mix yang menggunakan kata- kata asli bahasa Jepang ( Japanese Mix) dan Mix dari bahasa Ainu (Ainu Mix), atau campuran dari standar, Jepang, dan Ainu. Kata- kata bahasa Jepang atau bahasa Ainu yang dipakai merupakan terjemahan dari Tiger,Fire, dan seterusnya.

Ada berbagai penjelasan tentang asal usul Mix, namun semuanya simpang siur bagaikan legenda urban. Mix seperti halnya Wotagei diperkirakan berawal dari reaksi spontan atau partisipasi penonton di konser idola Jepang.
 
Sekian artikel tentang Apa itu Wotagei dan Mix ?. Semoga bermanfaat ^_^

Leave a Reply

DI LARANG TEBAR LINK , KECUALI DI BANNER EXCHANGE !

SERING-SERINGLAH KOMENTAR MAKA ANDA AKAN DAPET BACKLINK KARENA BLOG SAYA UDAH DOFOLLOW

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Site Info





Banner

Sat-Cyber Sat-cyber ANDVROZEN Cleventer-Creation™

- Copyright © 2013 Dark 48 - Namikaze Template v.2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -

Gunakan Google Chrome Untuk Hasil Maksimal